:: Link Exchange ::

MAGGOTACE.blogspot.com

FAKTA BIR


Cheers!!!! suara gw and temen-temen gw waktu mengangkat gelas yang terisi penuh dengan bir. Kita pun saling berlomba untuk menghabiskan bir tadi. Tiba-tiba temen gw ada yang nyeletuk, "udah ah, jangan banyak-banyak nanti buncit, gak ada manfaatnya lagi".

Nah di sinilah, gw mau ngasih tau manfaat minum bir (bukan berarti gw peminum loh, hehehe).  
Oke, langsung aja :

Bir yang terbuat dari butiran padi, air dan ragi jelas banyak mendapatkan vitaminnya dari butiran padi yang dipakai sebagai bahan. berikut adalah daftar fakta menarik seputar manfaat bir terhadap kesehatan. Namun, penting diingat disini adalah dosis minum bir yang disarankan adalah dalam jumlah yang wajar yakni hanya sampai 2 gelas sehari dan tak lebih, sebab efeknya akan jauh merugikan.


Fakta 1.
Pada bulan November 1999, The New England Journal of Medicine menyatakan bahwa berdasarkan penelitian peminum bir dalam takaran yang ringan (tak berlebihan) akan memperoleh manfaat pengurangan resiko terserang stroke sampai sekitar 20 %.

Fakta 2.
The University of Texas Southwestern Medical Center di Dallas pada tahun 1999 juga mengeluarkan hasil penelitiannya yang menyatakan bahwa peminum bir dalam takaran ringan akan mengurangi resiko serangan jantung koroner hingga 30-40% dibandingkan dengan yang tidak pernah minum sama sekali. Dalam hal ini kandungan antioksidan 'polyphenols' diperkirakan memainkan jasa besar terhadap penurunan resiko ini.

Fakta 3.
Alkohol yang terdapat dalam bir dirasakan juga dapat meningkatkan kadar kolesterol yang baik yakni HDL. Ini sangat berguna untuk menurunkan penggumpalan darah.

Fakta 4.
Bir mengandung vitamin B6 yang dapat mencegah pembentukan amino acid homocysteine yang erat kaitannya dengan serangan jantung. Orang yang memiliki kandungan homocysteine yang tinggi dalam darahnya cenderung mendapatkan kemudahan dalam hal penyakit jantung dan penyakit seputar peredaran darahnya.

Fakta 5.
Sebuah studi terbaru dari TNO Nutrition and Food Research Institute di Uttrect membuktikan bahwa peminum bir sama sekali tidak akan terjadi pembentukan homocysteine dalam darahnya namun bagi penikmat anggur dan minuman beralkohol lainnya justru akan meningkatkan pembentukan homocysteine hingga 10%.

Fakta 6.
Bir dapat meningkatkan pembentukan vitamin B6 sebesar 30% dalam plasma darah, sesuatu yang tidak terdapat dalam minuman keras lainnya.

Fakta 7.
Dalam bir tidak terdapat kolesterol dan lemak.

Fakta 8.
Efek menarik dari bir adalah dapat mendatangkan perasaan tenang dan ini dapat berguna dalam mengurangi tingkat stres dalam diri Anda.

Fakta 9.
Sudah terbukti bahwa mengkonsumsi bir dalam batas yang wajar bagi kaum manula dapat meningkatkan pelebaran pembuluh darah, meningkatkan kualitas tidur dan juga memperlancar urine.

Masih ada lagi lohh.. hehehe.. ;))

1). Bir minuman yang rendah kalori
Beberapa bir memiliki jumlah kalori yang rendah sebesar 64 kalori per 12 ounce per botol. Bahkan untuk jenis reguler hanya memiliki 100 kalori per 12 ounce per botol. Dalam sebuah negara yang menyukai kadar kalori yang rendah, bir menjadi alasan untuk diminum termasuk oleh Obama tentunya.

Sebagai perbandingan satu ounce semua jenis minuman yang disuling atau 4 ounce anggur hanya mengandung 100 kalori. Sedangkan minuman campuran yang dikemas memiliki kalori lebih tinggi yakni 250-500 kalori. Bir favorit banyak orang ketika musim panas adalah mencampur setengah jenis bir extra light seperti MGD 64, Beck's Premier Light, atau Michelob Ultra Lime yang kadang dicampur dengan setengah minumuman Diet &-up.

2). Bir mengandung antioksidan
Sedikit orang yang tahu ada fakta bahwa bir mengandung antioksidan. Kajian di University of Scranton menghitung zat asam antioksidan di dalam bir dan sebagian besar bir jenis keras seperti jenis lagers, light beer, dan bir non alkohol juga memiliki antioksidan ini.

Berdasarkan temuan itu, beberapa peneliti memasukkan bir yang memiliki banyak antioksidan ke dalam pola diet di AS ketimbang anggur. Para peneliti yang melakukan penelitian dengan memberikan bir kepada binatang yang memiliki kolesterol tinggi menemukan bahwa bir hitam atau jenis lagers membantu melindungi arteri dari timbunan plak. Bir yang mengandung antioksidan juga membantu mengurangi peradangan saluran darah yang berkaitan dengan penyakit jantung.

3). Bir juga bagus untuk otak
Etanol selain diketahui melindungi kardiovaskular dan membantu mengurangi risiko serangan jantung dan stroke, dalam kajian terbaru menunjukkan bahwa ada kandungan yang terkait dengan sistem saraf. Para peneliti menemukan alkohol bisa melindungi protein yang dibutuhkan untuk melindungi otak atau ancaman Alzheimer.


Bir bisa menjadi minuman yang baik asal dikonsumsi dengan aman dan benar. Satu gelas untuk wanita atau dua gelas untuk pria per hari masih menjadi batas toleransi. Anda yang hobi minum bir juga sebaiknya tidak memiliki catatan keluarga kecanduan alkohol atau risiko terkena kanker payudara.

Bir gak mengandung lemak atau kolesterol, kandungan gulanya juga rendah lo. Jadi yang bilang minum bir bikin perut jadi buncit itu cuma mitos aja..

sumber : macam" sumber n repost

ps : setelah nulis beginian kok gw ngerasa kalo gw peminum bir berat ya.. wkwkwk... ^..^

posted under |

4 comments:

Anonymous said...

bagus nih.. semoga bukan berita yg kebenarannya masih jadi "?" hehehe saya sendiri sering minum beer.. hampir tiap akhir pekan jg selalu kumpul2 sama teman dan semua minum beer.. waktu clubbing pun saya lebih dominan minum beer ketimbang minuman botol kek martell dkk, sapa bilang gak ada duit??? gw dan teman2 keluar duit lebih banyak kalo harus mabuk karena beer.. harus habis berpuluh2 pitcer dulu baru bisa mabuk.. hehehe thx infonya

Aldy 'Utsukushii' Bear said...

ahahahahy.. kurangilah minum,, jangan kebanyakan.. karena apa aja yang berlebihan itu tidak baik juga... ^^v urwc

Anonymous said...

haha macho gan guiness 2 kali sehari tamcap !

Selimut said...

Ternyata minum bir ngga sepenuhnya berdampak negatif ya

Post a Comment

Newer Post Older Post Home



Recent Comments